Sabtu, 04 Mei 2024
Perguruan Tinggi

Usai Campus Tour, Siswa SMA: Fasilitas Umsida Sangat Baik dan Lengkap

Usai Campus Tour, Siswa SMA: Fasilitas Umsida Sangat Baik dan Lengkap

Umsida.ac.id – Dalam rangkaian kegiatan Try Out UTBK SNBT 2024, Fakultas Bisnis, Hukum, dan Ilmu Sosial Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (FBHIS Umsida) juga mengajak para siswa campus tour, Rabu (24/04/2024) untuk mengenalkan Umsida lebih banyak.

Baca juga: International Guest Lecture FBHIS Umsida, Diskusi Ekonomi Uzbekistan dan Indonesia

“Campus tour ini dibagi menjadi dua bagian. Bagi siswa yang ingin mengetahui tentang Fakultas Psikologi dan Ilmu Pendidikan (FPIP), mereka bisa mengikuti virtual tour di ruang mini theater. Sedangkan untuk tur kampus satu, para siswa  diajak secara langsung oleh para asisten laboran untuk berkeliling Umsida,” ucap Poppy Febriana MMedKom selaku dekan FBHIS.

Banyaknya siswa yang berpartisipasi dalam sesi ini membuat pelaksanaan campus tour harus dibagi berdasarkan prodi, ada prodi Hukum, Administrasi Publik, Ilmu Komunikasi, dan beberapa prodi dari Fakultas Ilmu Kesehatan (FIKES).

Kesan siswa SMA usai campus tour
campus tour Umsida
FBHIS Umsida

Jonathan Zelig Sutopo misalnya. Siswa asal SMA Santa Maria Surabaya ini mengikuti tur FPIP secara virtual. Walau tidak bisa mengikuti tur secara langsung, siswa yang memiliki minat di bidang informatika ini merasa puas dengan fasilitas yang ada di Umsida, mulai fasilitas saat ia mengikuti Try Out hingga campus tour.

Berawal karena informasi dari teman, Zelig, sapaannya, merasa tertarik untuk mengikuti rangkaian kegiatan Try Out ini. Selain itu, dia yang terbiasa mengikuti persiapan UTBK secara online, ingin merasakan suasana tes secara langsung.

“Biar dapat feel-nya aja sih, karena aku offline cuma sekolah, selebihnya online semua. Jadi ya coba aja mumpung kota sebelah. Ternyata ada plus minusnya ya, kalau Try Out online lebih tenang karena tidak ada distraksi. Kalau offline kan bersama banyak siswa lainnya, sedikit kehilangan fokus sih tapi feel kompetisinya lebih dapat,” ucapnya. 

Baca juga: Guest Lecture Akuntansi Umsida: Peran Industri Kreatif Sebagai Pendapatan Daerah

Untuk campus tour sendiri, sambung Zelig, Umsida memiliki fasilitas yang sangat bagus. Setelah mengikuti Try Out, ia ingin lebih mengetahui tentang prodi pendidikan teknologi informasi. Menurutnya, SDM yang mendalami bidang ini tidaklah banyak. Dari virtual tour inilah Zelig mengetahui perbedaan prodi tersebut dengan bidang peminatannya, informatika. 

Namun, saat berkeliling sebentar ke beberapa laboratorium di kampus satu, ia merasa Umsida memiliki fasilitas yangs angat lengkap. Ia berpendapat bahwa hampir di setiap peminatan, Umsida memiliki fasilitas penunjangnya.

Kesan serupa juga dirasakan oleh Aura Azzahra dan Silvi Amelia, siswa asal SMA Muhammadiyah 7 Surabaya ini sudah menemukan pilihannya untuk mendalami bidang fisioterapi. Dan saat campus tour kemarin, ia berkeliling laboratorium fisioterapi Umsida tepatnya di GKB 2 lantai 1. Menurut siswa yang akrab disapa Aura ini, Umsida memiliki laboratorium yang sangat lengkap dan memadai.

campus tour Umsida
FBHIS Umsida

“Saya sering mengikuti kegiatan yang diadakan oleh universitas. Dan menurut saya, Umsida ini memiliki fasilitas laboratorium yang lebih lengkap, Fisioterapi saja memiliki 6 laboratorium. Saya juga kagum karena lab ini juga melayani pasien umum, jadi menurut saya fisioterapi Umsida bagus sekali,” ucapnya.

Menurutnya, fisioterapi merupakan hal yang masih asing di telinga awam. Oleh karena itu, ida berminat untuk melanjutkan studinya di bidang fisioterapi. Melalui tur kampus ini, Aura berharap bisa lebih mengenal tentang bidang ini sebelum masuk kuliah nanti.

Selaras dengan Aura, Silvia Amelia temannya, juga ingin memperdalam ilmu fisioterapi untuk memperkenalkan pengobatan melalui fisioterapi kepada masyarakat.

“Orang kan mungkin mengira kalau fisioterapi itu hanya sekedar terapi saja, tapi tidak hanya itu. Fisioterapi bisa digunakan untuk pemulihan banyak penyakit dan untuk berbagai usia juga. Dan dari tur ini saya jadi tahu kalau olahraga ternyata juga bisa digunakan sebagai terapi” tutur Amel.

Secara keseluruhan, mereka sangat senang dengan kegiatan Try Out dan tur kampus ini. Apa lagi melihat jarak sekolah mereka ke Umsida yang cukup jauh, mereka sangat senang karena Umsida menyediakan fasilitas itu. Menurutnya, warga Umsida juga ramah dalam menyambut tamu, mereka dijamu dengan baik sehingga tidak kebingungan ketika mengikuti rangkaian acara itu.

Baca juga: Ikuti 6 Program Ini Agar Bisa ke Luar Negeri, Mahasiswa Wajib Catat!

“Kami ke Umsida rombongan satu bis, dan kami difasilitasi dengan bis Umsida. Jadi kami bakal diantar jemput, itu sangat memudahkan kami banget sih. Jadi kami bisa mengikuti Try Out dengan tenang dan tur tanpa terburu-buru,” jelasnya.

Penulis: Romadhona S.